Mesjid Darul Falah Mesjid terbersih di Kota Banda Aceh


Masjid Gampong Pineung
Masjid Darul Falah Malam Hari
Beberapa waktu yang lalu saya ngajakin teman saya TM untuk shalat Jum’at di Masjid Darul Falah Gampong Pineung, ada beberapa alasan kenapa saya ngajak TM Shalat di Masjid yang baru-baru ini berhasil menyabet sebuah penghargaan fenomenal. Pertama, TM adalah penduduk asli Gampong Pineung, harapannya melalui TM saya dapat akses keruang BKM supaya bisa fotoin Piagam Penghargaan fenomenal yang saya sebutin tadi. 
Kedua, TM punya smartphone yang kualitas kameranya lumayan bagus, karena saya gak punya CAMDIG (Camera Digital) dan gak punya smartphone juga maka sebuah keharusan saya harus “rayu” si TM agar mau diajak shalat di Masjid yang jaraknya hanya beberapa ratus meter dari rumah dia.
Alamat Masjid Darul FalahMasjid Darul Falah ini terletak di Jalan Tgk. Chik Di Pineung Raya. Masjid yang beberapa waktu yang lalu memenangkan juara I katagori terbersih dan tertib administrasi ini sangat mudah kita temukan mengingat letaknya persis disamping jalan yang menghubungkan antara Gampong Pineung dengan Gampong Lamgugob.

Mesjid Terbersih Di Banda AcehSeperti saya sebutkan barusan bahwa Masjid Darul Falah Gampong Pineung baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari Walikota Banda Aceh sebagai Masjid Tertib Administrasi dan kebersihan. Masjid ini mendapat peringkat pertama sedangkan peringkat 3 disabet oleh Masjid Baiturrahmah Gampong Keuramat. Juara 2 siapa? Hehehe saya lupa... 
Kenapa saya tahu informasi ini? Ya taulah, jadi, waktu Masjid Baiturrahmah Gampong Keuramat didatangin tim penilai dari Pemerintah Kota Banda Aceh, saya termasuk salah satu pengurus Masjid yang ditanyain sama tim penilai, berhubung Bang Zaini (Ketua Remaja Masjid Baiturrahmah) lagi diluar Kota. 
Saat pengumuman hasil penilaian diumumkan dalam sebuah acara di Taman Sari saya dapat kabar dari Pak Muzakhir (Ketua BKM Baiturrahmah) bahwa Masjid kami (Masjid Baiturrahmah) berhasil meraih juara 3 dan Gampong Pineung Juara1.

Sejauh yang saya tau, lomba Masjid Bersih dan Tertib Administrasi ini adalah lomba tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Syari’at Islam. Adapun Masjid yang diikut sertakan dalam perlombaan ini adalah Masjid-Masjid yang mewakili Kecamatan. Misalnya, Masjid Baiturrahmah Gampong Keuramat dipilih untuk mewakili Kecamatan Kuta Alam atau Masjid Darul Falah Gampong Pineung dipilih untuk mewakili Kecamatan Syiah Kuala. Sedangakan penunjukkan Masjid-Masjid tersebut dilakukan oleh Camat setempat melalui sebuah surat penunjukan.


Hal serupa juga berlaku untuk Masjid-Masjid lain yang mengkuti penilaian Masjid Bersih dan Tertib Administrasi. Total Masjid yang mengikuti penilain waktu itu berjumlah 9 Masjid yang merujuk kepada 9 Kecamatan dalam Kota Banda Aceh.
Kebersihan Masjid
Sebagai pemenang Juara I Lomba Tertib Administrasi dan Kebersihan Masjid, pemilihan Masjid ini sebagai pemenang memang sudah sangat tepat. Apa yang saya lihat dan saya rasakan sendiri Masjid ini memang benar-benar bersih. Kebersihan Masjid ini tidak hanya diruang shalat saja tetapi halaman dan kamar mandi juga sangat bersih. 
Masjid Gampong Pineung
Tempat Wudhuk Masjid Darul Falah
Masjid Gampong Pineung
Kamar Mandi Masjid Gampong Pineung
Masjid Gampong Pineung
Kamar Kecil Masjid Darul Falah
Masjid Indah
Menurut pandangan pribadi saya, Masjid Darul Falah Gampong Pineung merupakan salah satu Masjid yang masuk katagori indah di Banda Aceh. Keindahan Masjid ini terlihat jelas dari tampilan luar Masjid yang bersih dan dipenuhi dengan pepohonan disetiap sudut Masjid. Sementara interior dalam Masjid juga dipenuhi dengan ukiran-ukiran indah warna-warni yang akan membuat betah setiap mata yang memandang.
Masjid Darul Falah Gampong Pineung
Suasana Jelang Shalat Jum'at
Selain indah, Masjid ini juga menawarkan kenyamanan dengan dilengkapi pendingin ruangan berupa AC dan didukung dengan keberishan ambal dan lantai Masjid. Singkatnya kamu harus sempatin untuk Shalat di Masjid kebanggaan warga Gampong Pineung ini
Masjid Darul Falah Gampong Pineung
Ruang Shalat Utama
Masjid Darul Falah Gampong Pineung
Lantai 2 Masjid Darul Falah Gampong Pineung


EmoticonEmoticon